PANDUAN PROGRAM
LOMBA KARYA TULIS INOVATIF MAHASISWA
PROVINSI JAWA TENGAH
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
Jalan Pemuda No. 134 Semarang
2011
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan tinggi merupakan lembaga yang memproduksi lulusan yang mempunyai sikap kecendekiawanan. Sikap kecendekiawanan tersebut meliputi sikap sebagai penemu, pemadu, penerap, serta sebagai pengembang IPTEKS. Untuk itu, mahasiswa yang merupakan salah satu kelompok masyarakat ilmiah harus mempunyai ciri kehidupan akademis yang dinamis. Kedinamisan hidup mahasiswa terefleksi dalam perilaku dan pola pikir yang kritis, kreatif, inovatif, serta produktif terhadap fenomena kehidupan kampus dan lingkungan di sekitarnya. Perilaku dan pola pikir tersebut diapresiasikan dalam bentuk kegiatan ilmiah, sehingga kegiatan itu perlu untuk dibina, dikembangkan, serta dilejitkan agar mahasiswa mempunyai potensi akademik yang unggul dan handal sehingga mampu dan siap untuk berkompetisi di masyarakat.
Kualitas kegiatan ilmiah mahasiswa harus ditingkatan secara optimal dan terus-menerus sehingga perlu memperoleh dukungan dari berbagai pihak. Berdasarkan hal ini, upaya dan langkah nyata dalam bentuk pengayaan wawasan ilmiah, kontinyuitas pembinaan budaya akademik, peningkatan dan pengembangan yang berkelanjutan, serta komitmen berkarya dan berprestasi ilmiah perlu disadari dan dilakukan oleh semua pihak, khususnya mereka yang memang merasa mempunyai jiwa dan ruh keilmuwan.
Berkaitan dengan hal tersebut, dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa dalam bidang penalaran serta berkaitan dengan otonomi daerah, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah merasa terpanggil untuk menyelenggarakan fasilitasi Program Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM). Kegiatan tersebut diharapkan dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif dan inovatif mahasiswa dalam bentuk tulisan ilmiah.
B. Maksud dan Tujuan
Program Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) ini dimaksudkan dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif dan inovatif mahasiswa dalam bentuk tulisan ilmiah yang menunjang pembangunan daerah menuju peningkatan daya saing bangsa. Program Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) ini bertujuan:
1. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dan mempresentasikan karya ilmiah.
2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan ide atau gagasan terhadap permasalahan sesuai dengan kompetensinya.
3. Meningkatkan kepekaan dan kontribusi pemikiran kritis dan inovatif.
C. Bidang Kajian
Kegiatan ini memfasilitasi kompetensi mahasiswa dalam bidang penalaran di Perguruan Tinggi melalui Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM). Lingkup bidang kajian LKTIM Provinsi Jawa Tengah yang mencakup 5 (lima) kategori:
1. Sosial
2. Ilmu Terapan
3. Pendidikan
4. Ekonomi
5. Ilmu alam
Kategori Ilmu Sosial mencakup disiplin-disiplin, Sosial Politik, Psikologi, Hukum, Agama, dan sejenisnya. Kategori Ilmu Terapan diantaranya meliputi, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kesehatan, Farmasi, Teknik, Lingkungan, Sipil, Arsitektur, Desain, Elektronika, dan Komputer. Kategori Ilmu Pendidikan meliputi disiplin-disiplin keguruan dan kependidikan. Kategori Ilmu Ekonomi meliputi disiplin ilmu-ilmu Ekonomi, Akuntansi, dan studi Pembangunan. Sedang Kategori Ilmu Alam antara lain meliputi disiplin-disiplin ilmu murni Kimia, Fisika, Matematika dan Biologi
D. Luaran Program
Luaran program LKTIM ini berupa:
1. Karya tulis inovatif.
2. Mahasiswa yang kompeten dalam menulis karya tulis inovatif
3. Kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan karya tulis inovatif.
Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris, maka mulai tahun 2011 ini, Program LKTIM dilombakan untuk penulisan dalam dua bahasa, yaitu:
1. Bahasa Indonesia
2. Bahasa Inggris
BAB II
KETENTUAN PROGRAM
A. Nama Program
Nama program ini adalah Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) Provinsi Jawa Tengah.
B. Persyaratan
Untuk dapat mengikuti LKTIM Provinsi Jawa Tengah harus memenuhi syarat sebagai berikut ini:
- Terdaftar sebagai mahasiswa aktif Diploma atau S-1 Perguruan Tinggi di Jawa Tengah.
- Peserta dapat perseorangan atau berkelompok 2-3 orang dalam satu Perguruan Tinggi.
- Seorang mahasiswa tidak diperkenankan merangkap sebagai ketua penulis pada kelompok bidang yang lain
- Seorang mahasiswa maksimal menjadi tim pada 2 kelompok bidang .
- Setiap peserta/ kelompok dibimbing oleh seorang dosen pembimbing.
6. Setiap karya tulis ilmiah yang dikirim disahkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi (Pembantu/Wakil Rektor/Direktur Bidang Kemahasiswaan)
C. Substansi
1. Substansi tulisan merupakan gagasan cerdas atau gagasan terapan yang telah teruji melalui serangkaian hasil penelitian.
2. Gagasan-gagasan yang ditulis dapat berupa diskripsi, analisis, maupun sintesis fenomena-fenomena alam dan sosial yang diangkat secara ilmiah.
3. Bila merupakan gagasan cerdas, tulisan harus diangkat dari sekurang-kurangnya 10 referensi ilmiah baik berupa buku, review hasil penelitian, ataupun jurnal hasil penelitian
4. Bila berupa gagasan terapan, tulisan harus diangkat dari sekurang-kurangnya 3 penelitian sebidang, yang saling terkait, saling mendukung, atau pun penelitian yang dilakukan dalam satu rangkaian kerangka besar suatu area atau rumpun studi. Tulisan ini sekurang-kurang didukung oleh 5 referensi yang tiga diantaranya adalah merupakan hasil penelitian sejenis.
5. Metodologi penelitian adalah analitis, tanpa analisis statistik, sehingga seluruh tulisan merupakan suatu rangkaian analisis terhadap suatu gagasan pada bidang keahlian yang sedang berkembang di lingkungan ilmiahnya.
D. Proses Seleksi
Alur seleksi Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) sebagai berikut ini.
ALUR SELEKSI BATAS AKHIR
15 Juli 2011
Cap Pos
TIDAK Minggu III
Juli 2011
TIDAK Minggu III Agust
2011
Minggu III Oktober 2011
Minggu III Oktober 2011
D. Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) yaitu sebagai berikut ini:
1. Penilaian terdiri atas dua aspek: 1) Naskah karya tulis dan 2) presentasi karya tulis.
2. Penilaian ini dilakukan oleh Tim Juri yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
3. Naskah yang diterima sesuai batas waktu yang telah ditentukan akan diseleksi dan ditetapkan untuk dipresentasikan di hadapan Tim Juri.
4. Peserta yang terseleksi akan diundang untuk mempresentasikan karya tulisnya di hadapan Tim Juri.
5. Tim juri akan menetapkan pemenang berdasarkan hasil penilaian naskah dan presentasi karya tulis ilmiah.
Kriteria penilaian naskah Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) mencakupi aspek:
No | Kriteria Penilaian | Parameter Penilaian |
1 | Format Karya Tulis | v Tata tulis: ukuran kertas, kerapihan ketik, tata letak, jumlah halaman. v Penyajian: sistematika tulisan, ragam bahasa ilmiah, ketepatan dan kejelasan ungkapan, |
2 | Kreativitas dan Inovatif Topik/Gagasan | v Relevansi topik dengan tema v Keunikan dan Keaktualitasan |
3 | Kebermanfaatan/Kontribusi | v Nilai tambah keilmuwan v Nilai tambah kerjasama/pragmatis v Nilai tambah dalam pemecahan masalah pembangunan daerah |
4 | Data dan Sumber Informasi | v Relevansi data dan informasi yang diacu v Keakuratan dan integritas data dan informasi v Kemampuan menghubungakan berbagai data dan informasi |
5 | Pembahasan, simpulan, serta Transfer Gagasan | v Kemampuan menganalisis dan mensintesis pembahasan serta merumuskan simpulan v Prediksi transfer gagasan dan proses adopsi |
E. Jadwal Kegiatan
Jadual kegiatan Program Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) tahun 2011 dijadwalkan sebagai berikut ini.
No. | Kegiatan | Waktu | Keterangan |
01. | Sosialisasi program | Feb-Mar | Pengumuman |
02. | Batas Penyerahan Naskah | 15 Juli | Cap Pos |
03. | Seleksi Administrasi | III Juli | Tim Review |
04. | Seleksi naskah LKTIM | III Agust | Tim review |
06. | Presentasi naskah LKTIM dan penentuan pemenang | III Oktober | Tim Review |
Keterangan: Angka romawi menunjukkan minggu ke-
F. Penghargaan
Pemenang akan mendapatkan piala, piagam penghargaan, serta hadiah dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
G. Ketentuan Tata Tulis dan Penilaian
Karena lomba dipisahkan dalam dua bahasa, maka su bab ini mengatur ketentuan untuk kedua bahasa tersebut, dengan pemisahan umum sebagai berikut:
G.1. Lomba Karya Tulis Berbahasa Indonesia
G.2. Lomba Karya Tulis Berbahasa Inggris
G.1.a. Kriteria dan Format Penilaian
FORMAT PENILAIAN NASKAH LKTIM
Perguruan Tinggi : ………………………………………………………………..
Fakultas/Program Studi : …………………………………………………………………
Judul Karya Tulis : …………………………………………………………………
Tim Lomba : …………………………………………………………………
1. Nama Ketua Tim Lomba : …………………………………………………………………
2. Anggota : ……………......................................................
Bidang Kajian : …………………………………………………………………
No | Kriteria Penilaian | Parameter Penilaian | Bobot (%) | Skor | Nilai |
1 | Format Karya Tulis | - Tata tulis: ukuran kertas, kerapihan ketik, tata letak, jumlah halaman. - Penyajian: sistematika tulisan, ragam bahasa ilmiah, ketepatan dan kejelasan ungkapan, | 10 | | |
2 | Kreativitas dan Inovatif Topik/ Gagasan | - Relevansi topik dengan tema - Keunikan dan Keaktualitasan | 25 | | |
3 | Kebermanfaatan/Kontribusi | - Nilai tambah keilmuwan - Nilai tambah bagi kerjasama/pragmatis - Nilai tambah dalam pemecahan masalah pembangunan daerah | 20 | | |
4 | Data dan Sumber Informasi | - Relevansi data dan infrormsi yang diacu - Keakuratan dan integritas data dan informasi - Kemampuan menghubungakan berbagai data dan informasi | 15 | | |
5 | Pembahasan, simpulan, serta Transfer Gagasan | - Kemampuan Menganalisis dan mensintesis pembahasan serta merumuskan simpulan - Prediksi transfer gagasan dan proses adopsi | 20 | | |
6. | Keterkaitan Program | Keterkaitan Proposal dengan program Pembangunan Pendidikan Jawa Tengah | 10 | | |
JUMLAH | 100 | | |
- Setiap kriteria diberi skor : 1 (sangat kurang), 2 (kurang), 4 (baik) dan 5 (sangat baik)
- Minimal nilai total lulus : 350
Catatan Penilai : ……………………………………………………………………………
..............………………………………………………………………
Penilai,
...........................
Nilai = Bobot x skor
*) Coret yang tidak perlu
FORMAT PENILAIAN PRESENTASI LKTM
Perguruan Tinggi : ……………………………………………….……………..
Fakultas/Program Studi : ………………………………………………………………
Judul Karya Tulis : ………………………………………………………………
Tim Lomba : ………………………………………………………………
1. Nama Ketua Tim Lomba : ………………………………………………………………
2. Anggota : ………………………………………………………………
Bidang Kajian : ...……………………………………………………………
No. | Kriteria Penilaian (KP) | Bobot (B) | Skor (S) | Nilai (N) |
1. | Penyajian/Presentasi (maksimal 10 menit) - Sistematikan Penyajian dan Isi - Alat Bantu/Media Penyajian: OHP. LCD, tape recorder dll. - Penggunaan Ragam Bahasa Tutur yang Baku - Sikap/Cara Presentasi - Ketepatan waktu | 40 | | |
2. | Tanya Jawab (maksimal 20 menit) - Penguasaan materi - Kebenaran dan Ketepatan Jawaban - Sikap/Cara Menjawab - Keterbukaan Peserta dalam Tanya Jawab. | 60 | | |
| NILAI TOTAL | 100 | | |
Catatan :
- Skor setiap kriteria : 1 (sangat kurang), 2 (kurang), 4 (baik) dan 5 (sangat baik)
- Minimal nilai total : 350
…………..,……………………………
Juri,
…………………………….…………..
FORMAT PENILAIAN AKHIR LKTIM
Perguruan Tinggi : ……………………………………………………………..
Fakultas/Program Studi : ………………………..……………………………………
Judul Karya Tulis : ………………………………………………………..……
Tim Lomba :
1. Nama Ketua Tim Lomba : ………………………………………………………………
2. Anggota : ……………...................................................
Bidang Kajian : ………………………………………………………………
No. | Kriteria Penilaian (KP) | Nilai (N) |
1. | Nilai Naskah Karya Tulis LKTIM (60 %) | |
2. | Nilai Presentasi LKTIM (40%) | |
| NILAI TOTAL (100%) | |
………………, ………………………………
Juri,
…………………………………………………
G.1.b. Sistematika Naskah Karya Tulis Inovatif Mahasiswa
Sistematika penulisan naskah Karya Tulis Inovatif Mahasiswa sebagai berikut ini:
- Halaman judul
Halaman judul menyajikan: bidang kajian, logo Perguruan Tinggi, judul, nama penulis, tujuan LKTIM, nama perguruan tinggi, kota, bulan dan tahun.
- Abstrak
Abstrak berisi uraian singkat karya tulis ilmiah yang meliputi: latar belakang, tujuan, manfaat, metode penulisan, hasil dan saran yang direkomendasikan. Abstrak ditulis 1 spasi, maksimal 300 kata.
c. Kata Pengantar.
d. Daftar isi.
e. Daftar lain (Jika ada. Misal: Daftar Tabel, Daftar Grafik, Daftar Gambar dll)
- Bab I Pendahuluan
Pendahuluan berisi: latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan, sistematika penulisan.
- Bab II Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka merupakan kerangka konseptual berisi batasan/konsep/teori yang mendukung penulisan yang dapat diperoleh dari jurnal penelitian, buku, atau sumber-sumber lainnya.
- Bab III Metode Penulisan berisi
Metode penulisan menyajikan langkah-langkah/prosedur yang benar yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah yang menguraikan secara cermat cara/metode pengumpulan informasi dan atau data, analisis informasi dan atau data, penarikan simpulan, serta merumuskan saran. Metode penulisan dapat mencakupi: pendekatan penulisan, sumber penulisan, sasaran penulisan, tahapan penulisan.
- Bab IV Pembahasan
Uraian hasil kajian, temuan, ide pengembangan yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan.
- Bab V Penutup
Penutup berisi simpulan dan saran yang direkomendasi.
- Daftar Pustaka
Referensi/sumber acuan yang digunakan dalam karya tulis ilmiah.
- Lampiran-lampiran
Biodata peserta terdiri atas: nama, tempat dan tanggal lahir, NIM, jurusan/prodi/fakultas, perguruan tinggi, prestasi/penghargaan dalam menulis. Foto kopi Kartu Mahasiswa/KTM yang masih berlaku. Lampiran lain yang diperlukan.
G.1.c. Sampul/Cover depan Naskah LKTIM
Sampul/Cover depan naskah LKIP yaitu biru muda yang dibuat sebagai berikut ini.
G.1.d. Halaman Pengesahan LKTIM
Halaman pengesahan dibuat sebagai berikut ini.
LEMBAR PENGESAHAN
LOMBA KARYA TULIS INOVATIF MAHASISWA
1. Judul Naskah : ……………………………………….
2. Bidang Kajian : ……………………………………….
3. Ketua Tim
a. Nama Lengkap : ……………………………………….
b. NIM/NRM : ……………………………………….
c. Jurusan/Fakultas : ………….…………………………….
d. Universitas/Institut/Politeknik : ……………………………………….
e. Alamat Rumah/Telepon/Faximili : ……………………………………….
f. e-mail : ………………………………………..
4. Anggota Tim : ………………………………….......
5. Dosen Pembimbing
a. Nama Lengkap dan Gelar : ……………………………………….
b. NIP : ……………………………………….
Menyetujui: ….……….., ………………….........
Dosen Pembimbing, Ketua Tim,
………………………….. ………………….......………………
NIP.……………………. NIM/NRM …………………….
Mengetahui:
Pembantu/Wakil Rektor Bidang
Kemahasiswaan/Direktur Politeknik/
Ketua Sekolah Tinggi,
…….……. …………………………..
NIP ……………....…………………
G.1.e. Abstrak
Abstrak dibuat sebagai berikut ini.
PEMANFAATAN LIMBAH SENGON
SEBAGAI BAHAN PEREDAM KEBISINGAN
Moh. Saefudin, Ikhsan Khakim
Dosen Pembimbing: Heri Yudiono, MT
Jurusan Xxx, Fakultas Xxx, Universitas Xxx, Kota
Abstrak
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
Kata Kunci: Limbah sengon, peredam kebisingan, sel alternator
G.1.f. Pengiriman Naskah
1. Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 30 halaman (tidak termasuk halaman judul, prakata, daftar isi, daftar tabel, Abstrak).
2. Naskah merupakan karya asli dan belum pernah dipublikasikan/ diikutsertakan dalam lomba lain.
3. Naskah diketik rapi pada kertas HVS kuarto dengan jarak 1,5 spasi, font size 12, huruf Times New Roman Style, dengan batas pengetikan: samping kiri 4 cm, samping kanan 3 cm, batas atas 4 cm dan batas bawah 3 cm, batas pengetikan 2 cm pada bagian bawah.
4. Naskah dijilid bersampul biru muda yang pada sudut kanan atas naskah ditulis bidang kajian dan Pilihan Bahasa yang diikuti.